Cara Meningkatkan Sistem Hi-Fi Pada Speaker

Cara Meningkatkan Sistem Hi-Fi Pada Speaker

Speaker Anda pasti pernah mengalami suara musik yang “cempreng” atau terdistorsi saat mendengar lagu favorit. Kualitas suara yang rendah itu dapat terjadi karena sinyal input yang masuk mengalami distorsi dari berbagai arah sehingga output suara yang dihasilkan tidak enak.

Agar terhindar dari masalah tersebut, saat ini sudah ada sistem teknologi audio Hi-Fi yang mampu menguatkan kualitas suara agar lebih jernih. Audio Hi-Fi (High-Fidelity) adalah istilah di dunia audio yang mampu menghasilkan suara jernih dengan tingkat distorsi minim. Sehingga suara yang terdengar hampir mendekati aslinya.

Saking jernihnya, Anda dapat menebak instrumen apa saja yang dimainkan dalam musik yang sedang didengar dengan sistem audio Hi-Fi. Sistem audio ini membuat user tidak bisa mendengar suara-suara lain di luar suara instrumen.

Berikut ini adalah tips meningkatkan sistem Hi-Fi pada speaker.

Atur penempatan dan posisi speaker

Jika Anda menempatkan speaker di dekat dinding, sebaiknya pikir kembali karena keputusan tersebut awalnya baik namun biasanya dapat merusak presisi bass.

Pada umumnya, speaker dirancang untuk berada di jarak minimal 30 cm dari dinding belakang dan minimal 1 meter dari dinding sampingnya. Kemudian, arahkan speaker ke dalam area atau ruang dengar untuk memperkuat pencitraan stereo. Namun, jika terlalu jauh dari area dengar lebar panggung suara akan terganggu.

Penempatan speaker yang tepat dan hati-hati akan memberi keuntungan tersendiri. Letakkan perangkat sejauh mungkin dengan speaker supaya getaran yang merusak suara dapat dibatasi.

Hindari meletakkan posisi sistem di antara speaker Anda. Meski hal tersebut terlihat rapi dan lebih menarik namun hal tersebut dapat merusak pencitraan stereo.

Lepaskan speaker grill

Penggunaan speaker grill sangat bagus untuk terhindar dari debu, jari anak-anak, maupun hewan peliharaan dari driver. Speaker grill adalah penutup yang dipasang pada speaker untuk dapat menyaring suara treble dan bass yang dihasilkan oleh speaker itu sendiri.

Meski demikian, para desainer umumnya menyetel speaker tanpa gril. Alat ini menjadi penghalang antara Anda dan suara yang dihasilkan. Setelah mendengar musik, pasanglah kembali grill ini untuk melindungi speaker.

Lengkapi speaker dengan perangkat pendukung

Meningkatkan sistem Hi-Fi juga bisa dilakukan dengan menambahkan sejumlah perangkat seperti, base untuk bagian bawah speaker Anda. Perangkat ini berguna untuk membuat speaker Anda tetap kokoh di tempatnya. Stabilitas tidak hanya berkaitan dengan stand atau base speaker, namun berhubungan juga dengan bagaimana drive speaker dibautkan di tempatnya dengan sangat ketat.


Sumber: whathifi.id

Pada webinar What Hi-Fi Indonesia, Daud Pranoto (D’audio) be...

Apakah speaker Anda pernah mengalami suara pecah? Saat hal i...

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu mengelua...

Sebelumnya D’Audio telah membahas jenis speaker yang terdiri...

Speaker adalah salah satu benda elektronik yang akrab di dal...

Send Message